Kamis, 21 April 2016

Pengantar Statistik

A.     Pengantar Statistik dan Excel

Statistik disebut juga numerical description karena banyak berhubungan dengan angka. Misalnya jumlah penduduk di suatu wilayah, pergerakan indeks bursa saham, dam sebagainya. Dalam dunia usaha, Statistik juga sering diasosiasikan dengan sekumpulan data, seperti  pergerakan inflasi, biaya promosi bulanan, jumlah pengunjung suatu took dan sebagainya. Tetapi, selain merupakan sekumpulan data, Statistik juga dipakai untuk melakukan berbagai analisis terhadap data seperti melakukan peramalan, (forcasting), melakukan sebagai uji hipotesis dan sebagainya.
Aplikasi ilmu Statistik dalam penelitian dapat dibagi ke dalam dua bagian, yaitu:
1.      Statistik Deskriptif
Statistik deskriptif berusaha menjelaskan atau menggambarkan sebagai karakteristik data, seperti berapa rata-rata, seberapa jauh data bervariasi dan sebagainya.
2.      Statistik induktif (inferensia)
Statistik induktif berusaha membuat berbagai inferensia terhadap skumpulan data yang berasal dari suatu sampel. Tindakan inferensia tersebut misalnya melakukan peramalan, perkiraan, pengambailan keputusan, dan sebagainya.

B.     Statistik dan Excel
Sejalan dengan makin tingginya peranan computer dalam pengolahan data Statistik untuk membantu para pengambil keputusan, maka muncul berbagai software statistik, seperti SPSS, MiniTab, Statistica, dan sebagainya.

Excel sebagai sebuah program spreadsheet mampu untuk mengolah data statistik melalui dua cara, yaitu program bantuan khsus perhitungan statistik dan fungsi statistik yang terdapat dalam Excel.

Dalam Excel, yang harus diperhatikan adalah penulisan formula. Di mana tanda ‘,’ (koma) dapat diganti dengan tanda ‘;’ (titik koma). Hal ini terjadi karena setting komputer. Jika penggunaan tanda koma ditolak, maka gantilah dengan tanda titik koma.

C.     Program bantu khusus perhitungan Statistik
Excel menyediakan fasilitas bantu (add ins) yang disebut Data Analysis, yang berfungsi khusus untuk mengolah data statistik yang meliputi antara lain Uji-t, uji-F, ANOVA, regresi, korelasi, dan sebagainya


Untuk dapat mengaktifkan program Data Analysis, terlebih dahulu mengikuti angkah-langkah sebagai berikut:
1.      Pilih office button pada Excel, kemudian pilih menu Excel Options
2.      Pilih Add-Ins.
Add-Ins
3.    Tampak di layar sederetan isi menu Add Ins, pilih yang diberi warna merah klik Go, maka akan muncul jendela baru seperti berikut
Analysis ToolPak
4.      Beri tanda centang pada Analysis ToolPak dan Analysis ToolPak VBA atau yang diberi tanda merah


Karena akan menggunakan program bantu analisis statistik, maka akan dipilih program Add Ins yang relevan, yaitu Analysis ToolPak dan Anlysis ToolPak VBA dengan cara memberi tanda centang pada kotak di sisi kegua Analysis (seperti tampak pada gambar). Setelah program-program Add Ins Analysis ToolPak dan Anlysis ToolPak VBA terinstal, maka pada menu Excel terdapat tambahan menu baru Data Analysis ...., berarti program Add Ins untuk Analysis ToolPak sudah terpasang.

Menu Data Analysis berisi alat alat untuk membahas permasalahan statistik. Tampak di bawah ini adalah kotak dialog (toolbox) dari menu Data Analysis.


Data Analysis

D. Fungsi Statistik dalam Excel

Untuk melakukan perhitungan statistik melalui fungsi fungsi khusus dilakukan dengan cara menekan icon fx pada toolbar atau pada menu Formulas pilih Insert Function....akan tampak seperti gambar di bawah ini.


Fungsi Statistik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar